Animasi Komputer
Pengertian
Animasi komputer atau animasi CGI adalah proses yang digunakan untuk
menghasilkan gambar animasi dengan menggunakan komputer grafis. Yang
lebih umum istilah komputer-generated imagery meliputi baik adegan
statis dan gambar dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada
gambar bergerak.Animasi
komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, meskipun 2D
komputer grafis masih digunakan untuk gaya, bandwidth rendah, dan lebih
cepat rendering real-time. Kadang-kadang target animasi adalah komputer itu sendiri, tapi kadang-kadang target adalah media lain, seperti film.
Animasi komputer pada dasarnya adalah penerus digital dengan teknik stop motion yang digunakan dalam animasi tradisional dengan model 3D dan frame-by-frame animasi ilustrasi 2D. Komputer animasi yang dihasilkan lebih terkendali daripada proses lebih didasarkan fisik lainnya, seperti membangun miniatur untuk efek gambar atau menyewa tambahan untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lainnya. Hal ini juga dapat memungkinkan seorang seniman grafis tunggal untuk menghasilkan konten tersebut tanpa menggunakan aktor, potongan set mahal, atau alat peraga.Untuk menciptakan ilusi gerakan, gambar ditampilkan pada monitor komputer dan berulang kali diganti dengan gambar baru yang mirip dengan itu, tapi sedikit maju dalam waktu (biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik). Teknik ini identik dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai dengan gambar televisi dan film.Untuk animasi 3D, objek (model) yang dibangun di atas monitor komputer (dimodelkan) dan angka 3D yang dicurangi dengan kerangka virtual. Untuk animasi 2D angka, benda yang terpisah (ilustrasi) dan lapisan transparan yang terpisah digunakan, dengan atau tanpa kerangka virtual. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dll gambar digerakkan oleh animator pada frame kunci. Perbedaan dalam penampilan antara frame kunci otomatis dihitung oleh komputer dalam proses yang dikenal sebagai tweening atau morphing. Akhirnya, animasi diberikan.Untuk animasi 3D, semua frame harus diberikan setelah pemodelan selesai. Untuk animasi vektor 2D, proses rendering adalah proses ilustrasi bingkai kunci, sedangkan frame tweened tersebut diberikan sesuai kebutuhan. Untuk presentasi pra-rekaman, frame diberikan ditransfer ke format yang berbeda atau media seperti film atau video digital. Frame juga dapat diberikan secara real time seperti yang disajikan kepada khalayak pengguna akhir. Animasi bandwidth rendah ditransmisikan melalui internet (misalnya 2D Flash, X3D) sering menggunakan perangkat lunak pada komputer pengguna akhir untuk membuat secara real time sebagai alternatif untuk animasi bandwidth tinggi streaming, atau pre-loaded.
Sejarah
Animasi komputer digital awal dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory.Sebuah langkah awal dalam sejarah animasi komputer adalah sekuel tahun 1973 film Westworld, sebuah film fiksi ilmiah tentang masyarakat di mana robot tinggal dan bekerja di antara manusia. Sekuel, Futureworld (1976), menggunakan pencitraan kawat-frame 3D yang menampilkan tangan yang dihasilkan komputer dan wajah yang dibuat oleh University of Utah lulusan Edwin Catmull dan Fred Parke. Citra ini awalnya muncul dalam film siswa mereka Sebuah Tangan Animated Computer, yang mereka selesai pada tahun 1971. [1]Pertama fitur-panjang film animasi komputer adalah 1995 film Toy Story oleh Pixar. [2] Ini mengikuti petualangan berpusat di sekitar mainan dan pemiliknya. Film terobosan adalah yang pertama dari banyak film animasi komputer sepenuhnya.
Komputer animasi dibuat film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009), Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_animation#History
Awalnya proses pembuatan animasi melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), setelah kemajuan teknologi ditemukanlah komputer, dengan komputer maka beban yang dikerjakan oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi, dan konsep tiga dimensi (3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan perangkat keras, komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena lebih mudah untuk mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D, merupakan layar. Satu-satunya perbedaan adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D dibandingkan animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan, seniman harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam animasi 3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para seniman hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan software. Dengan demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses dan terlihat lebih realistis.
Animasi grafis tidak hanya berhenti
di film dan gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda
dengan bantuan teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa
bantuan kamera dan akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka
tangkap oleh kamera video. Perangkat
video capture menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan
resolusi sangat tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih
mudah. Namun demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam
animasi, karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru
untuk proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture
seperti kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih
tinggi, sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.
Sekitar
beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak ada mikroprosesor, proses
pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak benar-benar baik. Namun, sebagai
teknologi baru yang ditemukan seperti komputer, proses render film menjadi
lebih mudah setiap hari. Namun, karena teknologi baru memungkinkan gambar untuk
memiliki resolusi sangat tinggi, daya perangkat keras pengolahan juga menjadi
tantangan. Dengan "tenaga kuda" adanya komputer CPU (Central
Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit), waktu render untuk gambar
selama 20 tahun terakhir hanyamenghabiskan beberapa detik untuk
menyelesaikannya. Namun, karena resolusi tinggi, proses render akan memakan
waktu lebih lama. Misalnya, film "Transformers", sebuah film tentang
robot alien yang mencoba untuk menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya
memiliki 24 frame, dan kita dapat melihat lama waktu yang diperlukan untuk
membuat rekaman CGI yang mengagumkan dengan teknologi terbaru yang tersedia.
Perkembangan
teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan
berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum
dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi
kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa
depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan
terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan
nyata 3D .
Konsep dasar yang digunakan dalam pembuatan animasi komputer
A. Manual.
Metode ini mengandalkan kemampuan
animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill
animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars,
nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu
adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip
animasi yang lain)
B. Motion Capture
Adalah metode animasi yang
menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat
motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini tentu
akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final
Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti
Lord of the ring, Last samurai
C. Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan
secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu disimulasikan secara
realtime. terdapat beberapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya
berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain
sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh,
kain, percikan air, benda hancur, rambut dll
D. Particle
Adalah
sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah
pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung,
dan sebagainya.
Tipe Animasi Komputer
a. Animasi 2 Dimensi
Animasi 2 Dimensi adalah animasi yang paling sering kita jumpai, animasi ini biasa disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada konsep gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari animasi ini adalah Doraemon,Shin Chan dan lain lain.
b. Animasi 3 Dimensi
Animasi 3 Dimensi merupakan perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih realistis, detail dan nyata karena hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri adalah Toys Story 3,Ants Finding Nemo dan lain-lain.
Jenis Animasi Komputer
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
Contoh penggunaan animasi computer adalah seperti pada film animasi, iklan animasi, game animasi, pembelajaran dengan animasi, simulasi dengan animasi. Jadi animasi computer digunakan dalam berbagai bidang seperti perfileman, periklanan, pembelajaran/pendidikan, game, dan lainnya
Kegunaan dari animasi komputer pada era ini sangat banyak. Animasi komputer mendukung dalam perkembangan banyak industri, tidak menentu hanya pada bidang program komputer atau siaran televisi saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang pendidikan, rekayasa, produksi film, simulasi penerbangan, forensik, medis, militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan produksi video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang maka tidak mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru. Dibidang pertelevisianlah animasi komputer paling banyak digunakan. Animasi komputer dibuat untuk periklanan dalam televisi, atau sebagai acara animasi sehari-hari.namun dibidang pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan menggunakan metode audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak diminati anak-anak ini, membuat proses belajar jauh lebih menarik dan lebih mudah dipahami.
Dalam perkembangan animasi komputer dari proses menggambar manual lambat laun jarang digunakan karena sudah ada metode pembuatan animasi komputer dengan model asli
Teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi antara lain adalah teknologi Computer-Generated Imagery (CGI) perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer semakin canggih saja terbukti Teknologi CGI 3D berhasil memukau publik melalui film Jurrasic Park karya Stephen Spielberg, pada tahun 1993. Atas kecanggihan penggunaan CGI 3D pada visualisasi dinosaurus, film ini menjadi box office dan memenangi 3 piala Oscar, yang salah satunya untuk kategori Visual Effect. Tahun berikutnya, CGI digunakan untuk membuat efek khusus pada film Forrest Gump, yaitu ketika tokoh Gary Sinise memerankan tokoh Letnan Dan Taylor yang kehilangan kakinya saat berperang. Kaki asli dari Gary Sinise dihapus sehingga tokoh Letnan Dan Taylor benar-benar nampak tidak berkaki. Film ini juga berhasil memenangi 6 Piala Oscar, yang juga salah satunya adalah kategori Visual Effect.
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan software, pada tahun-tahun berikutnya teknologi CGI 3D digunakan dengan lebih fantastis. Film-film box office yang tercatat menggunakan teknologi CGI ini adalah Terminator, Harry Potter, The Lord of the Rings, Spiderman, King Kong, The Dark Night, Iron Man, Transformers, dan The Curious Case of Benjamin Button.
Timeline dalam Animasi
Timeline berfungsi untuk mengontrol objek yang akan di animasikan. Time line merupakan bagian dari flash yang berfungsi sebagai pengatur urutan tampilan yang berdasarkan frame.
Kompone Timeline :
1. Layer
2. Frame
3. dan Keyframe
Keyframe
keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.
Tipe Animasi Komputer
a. Animasi 2 Dimensi
Animasi 2 Dimensi adalah animasi yang paling sering kita jumpai, animasi ini biasa disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada konsep gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari animasi ini adalah Doraemon,Shin Chan dan lain lain.
b. Animasi 3 Dimensi
Animasi 3 Dimensi merupakan perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih realistis, detail dan nyata karena hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri adalah Toys Story 3,Ants Finding Nemo dan lain-lain.
Jenis Animasi Komputer
- Komputer Assist
- Gerak Kontrol dan Script
- CGI Compositing
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
- Motion Capture
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
- Animasi Flash
Contoh penggunaan animasi computer adalah seperti pada film animasi, iklan animasi, game animasi, pembelajaran dengan animasi, simulasi dengan animasi. Jadi animasi computer digunakan dalam berbagai bidang seperti perfileman, periklanan, pembelajaran/pendidikan, game, dan lainnya
Kegunaan dari animasi komputer pada era ini sangat banyak. Animasi komputer mendukung dalam perkembangan banyak industri, tidak menentu hanya pada bidang program komputer atau siaran televisi saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang pendidikan, rekayasa, produksi film, simulasi penerbangan, forensik, medis, militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan produksi video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang maka tidak mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru. Dibidang pertelevisianlah animasi komputer paling banyak digunakan. Animasi komputer dibuat untuk periklanan dalam televisi, atau sebagai acara animasi sehari-hari.namun dibidang pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan menggunakan metode audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak diminati anak-anak ini, membuat proses belajar jauh lebih menarik dan lebih mudah dipahami.
Dalam perkembangan animasi komputer dari proses menggambar manual lambat laun jarang digunakan karena sudah ada metode pembuatan animasi komputer dengan model asli
Teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi antara lain adalah teknologi Computer-Generated Imagery (CGI) perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi komputer semakin canggih saja terbukti Teknologi CGI 3D berhasil memukau publik melalui film Jurrasic Park karya Stephen Spielberg, pada tahun 1993. Atas kecanggihan penggunaan CGI 3D pada visualisasi dinosaurus, film ini menjadi box office dan memenangi 3 piala Oscar, yang salah satunya untuk kategori Visual Effect. Tahun berikutnya, CGI digunakan untuk membuat efek khusus pada film Forrest Gump, yaitu ketika tokoh Gary Sinise memerankan tokoh Letnan Dan Taylor yang kehilangan kakinya saat berperang. Kaki asli dari Gary Sinise dihapus sehingga tokoh Letnan Dan Taylor benar-benar nampak tidak berkaki. Film ini juga berhasil memenangi 6 Piala Oscar, yang juga salah satunya adalah kategori Visual Effect.
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan software, pada tahun-tahun berikutnya teknologi CGI 3D digunakan dengan lebih fantastis. Film-film box office yang tercatat menggunakan teknologi CGI ini adalah Terminator, Harry Potter, The Lord of the Rings, Spiderman, King Kong, The Dark Night, Iron Man, Transformers, dan The Curious Case of Benjamin Button.
Timeline dalam Animasi
Timeline berfungsi untuk mengontrol objek yang akan di animasikan. Time line merupakan bagian dari flash yang berfungsi sebagai pengatur urutan tampilan yang berdasarkan frame.
Kompone Timeline :
1. Layer
2. Frame
3. dan Keyframe
Keyframe
keyframe adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu keyframe kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar dikeyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.
Perbedaan Keyframe dan Blank Keyframe
Insert Keyframe = Membuat suatu keyframe, dengan menyamakan seluruh object pada frame sebelumnya. tentunya dengan layer yang sama.
Insert Blank Keyframe = Membuat suatu keyframe, namun keyframe tersebut berisikan kosong. dimana tidak menyertai object pada frame sebelumnya.
Keterkaitan antara Layer dan Frame dalam sebuah Timeline
Layer bagaikan tumpukan lembar kerja transparan dan Frame sebagai isi lembar kerja tersebut transparan yang berisi background, atribut, dan objek di dalam timeline tertentu.
Tweening
Tweening adalah proses menganimasikan objek dengan cara memberikan perubahan bentuk / posisi objek. Fungsi Tween adalah memberikan perubahan bentuk / posisi objek.
Cara Kerja Tweening
adalah memberikan perubahan bentuk / posisi objek yang terletak di frame awal atau di akhir frame sehingga akan terbentuk frame-frame baru diantara frame awal dan frame akhir.
Jenis Tweening dan Perbedaannya
Teknik Tweening Animation memiliki dua tipe dua tipe animasi, yaitu Motion Tweening dan Shape Tweening.
1. Shape Tweening
Shape tweening biasa digunakan untuk membuat animasi perubahan bentuk.
Sebagai contoh di dalam frame awal terdapat obyek bintang, kemudian di dalam frame akhir terdapat obyek bulan sabit. Dengan menggunakan shape tweening, program akan menganimasi dan menentukan transisi perubahan bentuk dari bintang menjadi bulan sabit secara otomatis.
Yang perlu diperhatikan, shape tweening hanya dapat diterapkan untuk menganimasi obyek shape.
Untuk hasil yang baik biasanya digunakan satu shape. Jika Anda menggunakan banyak shape, semuanya harus dalam layer yang sama.
2. Motion Tweening
Animasi motion tweening biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak (dari satu posisi ke posisi lain), berputar, dan perubahan ukuran (skala).
Motion tweening tidak dapat diterapkan pada objek shape. Teknik ini hanya dapat diterapkan pada objek instance (symbol), group, dan teks. Teknik ini juga dapat men-tween warna dari instance dan tulisan, gradasi warna, fade in atau fade out. Tetapi untuk men-tween warna dari group tulisan, Anda harus membuat mereka menjadi symbol terlebih dahulu.
Anda dapat menerapkan animasi tweening dengan melakukan cara di bawah ini :
a. Tentukan terlebih dahulu isi di dalam frame pertama dan terakhir (keyframe akhir).
b. Di dalam jendela Timeline,klik salah satu frame di antara frame pertama dan frame terakhir.
c. Di dalam jendela Properties kotak Tween pilihlah opsi Shape untuk menerapkan shape tweening (jika obyek yang diaminasi adalah obyek shape), atau opsi Motion untuk menerapkan motion tweening (jika obyek yang dianimasi bukan obyek shape).
Animasi Masking
Animasi masking adalah animasi yang pada intinya menampilkan objek yang semula kita sembunyikan. Animasi masking mempunyai 2 metode dasar yaitu :
1. Area masking yang bergerak, objek yang di mask diam.
2. Area masking yang diam dan objek yang di mask yang bergerak.
Kedua teknik tersebut akan menampilkan hasil animasi yang berbeda.. Selain itu area masking hanya boleh berupa fill. Jadi untuk outline (garis) tidak diperbolehkan.
softwarenya pa ja yah...
BalasHapus